·
Pengertian komunikasi dan
Arti penting komunikasi
Komunikasi atau communicaton berasal
dari bahasa Latin communis yang berarti 'sama'. Communico, communicatio atau communicare yang
berarti membuat sama (make to common). Secara
sederhana komuniikasi dapat terjadi apabila ada kesamaan antara penyampaian
pesan dan orang yang menerima pesan. Oleh
sebab itu, komunikasi bergantung pada kemampuan kita untuk dapat memahami satu
dengan yang lainnya (communication
depends on our ability to understand one another). [Wikipedia
Indonesia]
Selain itu, terdapat pengertian komunikasi
yang di sampaikan oleh para ahli seperti di bawah ini:
“Komunikasi
adalah proses penyampaian pesan oleh seseorang kepada orang lain untuk memberitahu,
mengubah sikap, pendapat, atau perilaku, baik secara lisan (langsung) ataupun
tidak langsung (melalui media)”
[Onong Uchjana Effendy]
“Komunikasi adalah proses menyortir, memilih, dan pengiriman
simbol-simbol sedemikian rupa agar membantu penerima pesan membangkitkan
respons/ makna dari pemikiran yang serupa dengan yang dimaksudkan oleh komunikator.” [Raymond Ross]
“Komunikasi adalah proses suatu ide dialihkan dari satu sumber kepada
satu atau banyak penerima dengan maksud untuk mengubah tingkah laku mereka.”
[Everett M. Rogers]
Di dalam kehidupannya, manusia
harus berkomunikasi, yang artinya memerlukan orang
lain dan membutuhkan kelompok atau masyarakat untuk saling berinteraksi. Hal
ini merupakan suatu hakekat bahwa sebagian besar pribadi manusia terbentuk dari
hasil integrasi sosial dengan sesama dalam kelompok dan masyarakat.
Kemudian selain
komunikasi, ada pula peran komunikasi dalam organisasi. Pengertian dari Peran Komunikasi Dalam Organisasi adalah komunikasi di suatu organisasi yang
dilakukan pimpinan, baik dengan para karyawan maupun dengan khalayak yang ada
kaitannya dengan organisasi, dalam rangka pembinaan kerja sama yang serasi
untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasi. [Effendy,1989: 214]
Misalnya, manajemen yang
sering mempunyai masalah ketidakefektifnya komunikasi. Padahal komunikasi yang
efektif sangat amat penting bagi para manajer, paling tidak ada dua alasan.
1.
Pertama, komunikasi adalah proses melalui mana
fungsi-fungsi manajemen mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pengarahan
dan pengawasan dapat dicapai;
2.
Kedua, komunikasi adalah kegiatan dimana para manejer
mencurahkan sebagian besar proporsi waktu mereka.
Proses Komunikasi
memungkinkan manejer untuk melaksanakan tugas-tugas mereka. Informasi harus
dikomunikasikan kepada stafnya agar mereka mempunyai dasar perencanaan, agar
rencana-rencana itu dapat dilaksanakan. Pengorganisasian memerlukan komunikasi
dengan bawahan tentang penugasan mereka. Pengarahan mengharuskan manejer untuk
berkomunikasi dengan bawahannya agar tujuan kelompok dapat tercapai. Jadi
seorang manejer akan dapat melaksanakan fungsi-fungsi manajemen melalui
interaksi dan komunikasi dengan pihak lain. Sebahagian besar waktu seorang
manejer dihabiskan untuk kegiatan komunikasi, baik tatap muka atau melalui
media seperti Telephone, Hand Phone dengan bawahan, staf, langganan dsb.
·
Jenis jenis komunikasi
Ada berapa bentuk
komunikasi yang penting untuk di ketahui untuk mendukung kegiatan organisasi,
yaitu :
1.
Komunikasi intrapersonal adalah komunikasi
yang berlangsung pada diri sendiri
2. Komunikasi
interpersonal adalah komunikasi yang berlangsung pada orang lain atau bisa
disebut juga dengan komunikasi kelompok. Bentuk khusus komunikasi interpersonal
ini adalah komunikasi diadik (dyadic communication) yang hanya melibatkan dua individu,misalnya suami- istri,
dua sejawat, guru-murid. Ciri-ciri komunikasi diadik adalah pihak- pihak yang
berkomunikasi berada dalam jarakyang dekat; pihak-pihak yang berkomunikasi
mengirim dan menerimapesan secara langsung dan simultan.
3. Komunikasi
kelompok adalah komunikasi yang berlangsung dengan kelompok orang yang
jumlahnya lebih dari dua orang. Kelompok sendiri merupakan sekumpulan
orang yang mempunyai tujuan bersama, yang berinteraksi satu sama lain untuk
mencapai tujuanbersama, saling mengenal satu sama lain, dan memandang mereka
sebagai bagian dari kelompok tersebut. Komunikasi antarpribadi berlaku dalam
komunikasi kelompok.
4.
Komunikasi massa adalah komunikasi yang
dilakukan melalui media massa.
Perbedaan dari jenis-jenis komunikasi
tersebut deilihat dari dampak yang ditimbulkan oleh interaksinya :
1.
Komunikasi intrapersonal dampaknya hanya dirasakan
oleh diri kita sendiri
2.
Komunikasi interpersonal dampaknya dapat
dirasakan oleh pihak-pihak yang terlibat dan pada waktu itu juga
3.
Komunikasi massa atau sering disebut
komunikasi melalui media massa dampaknya baru akan dirasakan dan tampak dalam
beberapa waktu kemudian
·
Proses dalam komunikasi
Proses komunikasi adalah bagaimana komunikator menyampaikan sebuah pesan kepada
komunikannya, sehingga dapat menciptakan suatu persamaan makna antara komunikan
dengan komunikatornya. Proseskomunikasi ini bertujuan untuk menciptakan
komunikasi yang efektif (sesuai dengan tujuan komunikasi pada umumnya).
Proses komunikasi dapat
terjadi apabila ada interaksi antar manusiadan ada penyampaian pesan untuk
mewujudkan motif komunikasi.
Tahapan proses komunikasi adalah sebagai berikut :
Tahapan proses komunikasi adalah sebagai berikut :
1.
Penginterpretasian.
2.
Penyandian.
3.
Pengiriman.
4.
Perjalanan.
5.
Penerimaan.
6.
Penyandian balik.
7.
Penginterpretasian.
Komunikasi dalam suatu organisasi selalu
merupakan komunikasi timbal balik, demi kepentingan semua pihak. Dalam
berkomunikasi kita menciptakan persamaan pengertian, ide, pemikiran, dan sikap
tingkah laku kita terhadap orang lain. Jadi komunikator dan komunikan mempunyai
kesamaan dan kesepakatan pesan sehingga menimbulkan suatu pengertian. Dalam
proses komunikasi melibatkan beberapa komponen yaitu:
1.
Komunikator (sumber)
2.
Pesan
3.
Saluran
4.
Komunikan (organisasi/publik)
5.
Efek
·
Komunikasi
Efektif
Di dalam Komunikasi efektif harus
direncanakan dengan memperhatikan yang pertama situasi, kedua waktu, ketiga tempat dan pendengarnya.
Permasalahan yang sering dihadapi adalah ketika kita menempatkan manusia
seakan-akan seperti benda yang mudah dikumpulkan lalu mudah diberi penjelasan
supaya mereka mengerti sesuatu.
Untuk
menjaga supaya permasalahan itu tidak muncul perlu diperhatikan beberapa hal
seperti:
1.
Bahwa publik kita itu manusia, jadi mereka
tidak pernah bebas dari berbagai pengaruh apa saja
2.
Manusia itu cenderung suka memperhatikan,
membaca atau mendengarkan pesan yang dirasakan sesuai dengan kebutuhan atau
sikap mereka
3.
Adanya berbagai media massa yang beragam
memberikan efek yang beragam pula bagi publiknya
4.
Media massa memberikan efek dengan variasi
yang besar kepada public atau perorangan maupun kelompok
Dengan kemajuan teknologi, interaksi antara
anggota-anggota dalam organisasi dan masyarakat semakin meningkat dan
menjangkau bertambah luas. Untuk membantu supaya komunikasi kita bisa efektif
ada beberapa ketentuan yang memudahkan yaitu :
1.
Kemampuan mengamati dan menganalisa persoalan
2.
Kemampuan menarik perhatian
3.
Kemampuan mempengaruhi pendapat
4.
Kemampuan menjalin hubungan dan suasana
saling mempercayai.
Adapula hal-hal yang perlu dipertanyakan dalam
melakukan komunikasi seperti : apa, mengapa, bagaimana, dimana, siapa, kapan,
tujuan dan situasinya, karena dengan menggunakan hal tersebut kita akan
mendapatkan informasi yang sangat jelas dan mengurangi terjadinya
kesalahpahaman dalam berkomunikasi.
·
Implikasi
Manajerial
Implikasi
manajerial adalah bagaimana meningkatkan produktifitas dengan cara meningkatkan
kapasitas, kualitas dan efisiensi dari sumber daya yang ada. Apakah implikasi manajerial
tersebut muncul dari organisasi tanpa pembatas yang memakai peraturan yang
mengeliminasi atau menghapus halangan geografis artitisial.
Para manajer memilih pendekatan ini karena
dalam rangka meningkatkan efisiensi dan efektivitas di pasar global yang kompetitif.
Implikasi yang di rasakan oleh pihak manajer adalah bagaimana mereka bisa
mengembangkan produk yang bisa di buat di negara lain dengan memanfaatkan
sumber daya yang ada di negara tersebut.
Dalam manajemen sendiri terdapat dua
implikasi yaitu :
1.
Implikasi Prosedural, meliputi tata cara
analisis, pemilihan represeentasi, perencanaan kerja, dan formulasi kebijakan
2.
Implikasi kebijakan meliputi sifat subtantif,
perkiraan kedepan dan perumusan tindakan
Jadi implikasi manajerial memiliki arti penting yaitu proses pengambilan
keputusan partisipatif dalam organisasi manajerial yang baik.
Daftar Pustaka :
Arni, Muhammad. 2004. Komunikasi
Organisasi. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Effendy, Uchjana Onong. 2000. Ilmu,
Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung : Citra Aditya Bakti.
Heriyanto : Implikasi Manajerial, http://herisllubers.blogspot.com/2013/05/implikasi-manajerial-implikasi.html
tgl 5 maret 2015 pukul 14.55
Ihsan, Dimas : Implikasi Manajerial, http://dimasihsanprasetyo.blogspot.com/2013/05/implikasi-manajerial.html
tgl 5 maret 2015 pukul 14.50
Irmayanti, Ade : Peran Komunikasi Dalam Organisasi, http://irma-mintuna.blogspot.com/2013/03/peran-komunikasi-dalam-organisasi.html
tgl 5 maret 2015 pukul 14.25
Rahmanto, Aris Febri : Peranan Komunikasi Dalam Suatu Organisasi,http://digilib.esaunggul.ac.id/public/UEU-Journal-4603-Aris_F.pdf
tgl 5 maret 2015 pukul 14.37
Supriyadi, Aris : Peran Komunikasi Dalam Organisasi, http://arissupri.blogspot.com/2013/12/peran-komunikasi-dalam-organisasi.htmlhttp://arissupri.blogspot.com/2013/12/peran-komunikasi-dalam-organisasi.html
tgl 5 maret 2015 pukul 14.52
Tasks, Muhari : Jenis dan Proses Komunikasi, https://muharitasks.wordpress.com/2013/07/15/jenis-dan-proses-komunikasi/
tgl 5 maret 2015 pukul 14.32
Thoha, Miftah. 2003. Perilaku
Organisasi ; Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Wikipedia : Komunikasi, http://id.wikipedia.org/wiki/Komunikasi
tgl 5 maret 2015 pukul 14.15
Wikipedia : Daftar Definisi Komunikasi, http://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_definisi_komunikasi
tgl 5 maret 2015 pukul 14.21
0 komentar:
Posting Komentar